Lionel Messi Koleksi Empat Trofi El Pichichi

Lionel Messi Koleksi Empat Trofi El Pichichi

Setelah mengoleksi 37 gol musim ini, Messi tak terjangkau lagi di puncak klasemen top Skorer La Liga musim ini, dan tentu saja menjadi Top Skorer Eropa secara otomatis. Untuk Top Skorer la liga sendiri dikenal dengan nama El Pichichi, dan sebagai informasi, ini adalah trofi El Pichichi yang ke empat sepajang karir pemain Argentina tersebut.

Lionel Messi Koleksi Empat Trofi El Pichichi

Sebagaimana diketahui, Messi memang tidak diragukan lagi kualitasnya dalam hal mencetak gol, dan faktanya sebelum memenangkan el Pichichi musim ini, Messi sudah mengoleksi tiga trofi yang sama, dimana masing-masing diraih sang pemain Argentina pada musim 2009/10, 2011/12, dan terakhir di musim 2012/13. Dalam tiga edisi tersebut, Messi berhasil mengalahkan dsang rival abadi, Cristiano Ronaldo, begitu juga dengan Musim ini, sebagaimana bintang Portugal anya mencetak 25 gol di ajang La Liga dan finish di peringkat ketiga, dibawah Luis Suarez yang mengemas 29 gol.

Dengan empat kali meraiih trofi El Pichichi , messi masuk dalam daftar 10 pemain yang berhasil meraih trofi El Pichichi terbanyak sepanjang sejarah La Liga Spanyol, tapi masih kalah dari catatan telmo Zarra, legenda Athletic Bilbao yang sudah mengoleksi 6 El Pichichi sepanjang karirnya.

Adapun, berikut adalah daftar musim dimana Messi memenangkan trofi El Pichichi sebanyak empat kali.

Pencetak gol terbanyak La Liga 2009/10

34 – Lionel Messi (Barcelona)
27 – Gonzalo Higuain (Real Madrid)
26 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Pencetak gol terbanyak La Liga 2011/12

50 – Lionel Messi (Barcelona)
46 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
24 – Radamel Falcao (Atletico Madrid).

Pencetak gol terbanyak La Liga 2012/13

46 – Lionel Messi (Barcelona)
34 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
28 – Radamel Falcao (Atletico Madrid).

Pencetak gol terbanyak La Liga 2016/17

37 – Lionel Messi (Barcelona)
29 – Luis Suarez (Barcelona)
25 – Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Sayangnya, catatan ini tidak dibarengi dengan prestasi Barcelona, karena faktanya raksasa catalan gagal mempertahankan trofi juara la liga spanyol.