Giliran Jose Mourinho Yang Dituding Gelapkan Pajak

Giliran Jose Mourinho Yang Dituding Gelapkan Pajak

Setelah Cristiano Ronaldo yang belakangan ini jadi buah bibir media-media Spanyol dan Eropa terkait dengan dugaan penggelapan pajak yang dilakukan pemain Portugal, kini giliran Pelatih Manchester United, Jose Mourinho yang dituding melakukan aksi kriminal serupa. Bagaimana bisa demikian ?

Giliran Jose Mourinho Yang Dituding Gelapkan Pajak

Memang, saat ini manajer asal Portugal tengah menukangi Klub Liga Primer Inggris, sejak tahun 2013 silam, mulai dari Chelsea, dan sekarang Manchester United. Sebelum kembali ke Inggris, dia memang menghabiskan waktu tiga musim di real Madrid. Terlepas dari minimnya trofi yang mampu dihadirkan the Special One, faktanya, sang pelatih ternyata juga diduga melakukan penggelapan pajak.

Menurut kabar yang dilansir El Pais, mantan juru taktik Inter Milan ini telah menghindari pajak dengan total angkanya mencapai 3,3 Juta Euro. Bahkan, pihak Otoritas pajak Spanyol juga berencana untuk melaporkan dugaan ini kepada pihak pengadilan, supaya Jose Mourinho menghadiri persidangannya seperti Cristiano Ronaldo.

Ya, Pentolan Real madrid memang telah diduga melakukan aksi kriminal serupa sejak beberapa waktu lalu. Mantan bintang Manchester United tersebut bahkan diklaim tidak membayarkan pajak sebesar £13 juta antara 2011 dan 2014. Pihak Otoritas Spanyol sendiri telah melaporkan Cristiano Ronaldo ke Pengadilan, dimana pemain Portugal dijadwalkan menghadiri persidangan pada tanggal 31 juli 2017 mendatang.

Mourinho menghabiskan tiga musim di Santiago Bernabeu antara tahun 2010 dan 2013 sebelum kembali ke Inggris untuk membesut Chelsea kedua kalinya. Ia kemudian mendapatkan jabatan di Old Trafford pada musim panas 2016 dan mengantar Setan Merah meraih tiga trofi juara di musim debutnya.

Adapun, selain Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo, sebelumnya pihak Otoritas pajak spanyol juga pernah melaporkan Lionel Messi dan Javier Mascherano terkait dengan kasus yang sama. Messi sendiri sampai terbukti bersalah dan harus mendekam di penjara selama dua bulan, untungnya dia tidak wajib menghabisi masa hukumannya dibalik jeruji besi, karena berdasarkan aturan di Spanyol, tahanan dengan masa penjara 2 bulan mendapatkan dispensasi.