Karena Pandemi Corona, Bursa Transfer Dipindah

Badan Sepakbola Dunia, FIFA telah memberikan izin kepada semua klub untuk memperpanjang kontrak para pemain mereka. Bahkan, bursa transfer musim panas juga dimundurkan menyusul situasi yang ada saat ini.

Pandemi Virus Corona kini memang memaksa hampir semua aktivitas sepakbola di seluruh dunia terhenti sementara waktu. Beberapa bahkan tidak bisa memberikan waktu pasti kapan aktivitas dan kompetisi kembali bergulir seperti biasa.

Situasi ini jelas tak bagus bagi kelangsungan klub dan kompetisi. Karenanya, FIFA sebagai badan sepakbola tertinggi kemudian berusaha mencari solusi terkait sejumlah aspek penting di sepak bola profesional.

Mereka pun menggelar sebuah pertemuan tidak langsung dengan para perawakilan liga-liga, klub federasi, dan para pemain membahas hal ini.

“Kami berharap bahwa usaha kolaboratif di bawah pimpinan FIFA ini akan memberikan contoh positif tentang bagaimana sepak bola bisa beriringan dan menunjukkan persatuan, solidaritas, dan semangat berkompromi untuk menghadapi tantangan di depan,” ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pada musim 2019/20 ini banyak pemain yang berada di tahun terakhir dalam kontraknya bersama klub masing-masing. Artinya, mereka harus sudah pergi saat bulan Juni atau juli mendatang. Sementara itu, kompetisi yang ditunda kemungkinan besar akan berhenti tidak tepat pada waktunya.

Dengan kata lain, situasi tersebut membuat para pemain yang berada di penghujung kontraknya harus meninggalkan klub sebelum kampanye berakhir. Situasi ini sungguh tidak biasa.

FIFA pun kini memberikan izin agar kontrak diperpanjang hingga musim ini benar-benar usai jika memang bisa dilanjutkan. Tentunya, perpanjangan ini juga harus disertai kesepakatan antara kedua pihak.

Selain itu, hal yang sama juga akan berlaku bagi kontrak pemain baru yang juga akan dimulai pada awal musim depan, kapan pun itu dijadwalkan.

Tak hanya itu, FIFA juga memberikan kelonggaran masalah bursa transfer. Mereka akan memindahkan bursa transfer musim panas nanti, antara awal musim ini berakhir (Kapanpun itu) sampai awal musim depan.

Klub-klub juga dipersilahkan untuk berunding mencari solusi terbaik dengan para pemain mereka tentang kompetisi yang sedang ditangguhkan. Seperti pemotongan gaji atau sejenisnya.