Gabung Persib Bandung Jadi Momen Terindah Michael Essien

Kendati pernah membela klub-klub Raksasa Eropa sekelas Chelsea dan Real Madrid, tapi Gelandang Ghana, Michael Essien justru menganggap pengalaman bergabung dengan Persib Bandung sebagai momen terindah dalam karirnya.

Sebagai informasi, Michael Essien memang pernah membela salah satu klub Liga Indonesia, Persib Bandung. Dia bergabung dengan Maung Bandung pada tahun 2017, namun hanya bertahan satu musim di klub tersebut.

Kendati dibandingkan dengan klub-klub seperti Real Madrid dan Chelsea, Persib bandung berada di level yang jauh berbeda, namun Essien tak lantas memandang remeh pengalamannya itu.

Ketika melakukan wawancara langsung lewat Instagram bersama jurnalis asal Afrika Selatan Carol Tshabalala dalam acara bertajuk #ConvosWithCarol, Essien menganggap pengalamannya bergabung dengan Persib Bandung adalah momen terindah.

“Percayalah, itu (bermain bersama Persib) menjadi salah satu pengalaman paling indah dalam karier saya bermain untuk mereka,” ujar Essien.

Apa yang jadi sorotan Essien adalah kefanatikan suporter Indonesia, termasuk para fans Persib Bandung. Atmosfer yang dihadirkan para suporter selalu mengesankan, dan mereka tidak pernah melewatkan satupun pertandingan dari klub tersebut.

“Fans sangat fanatik. Mereka sangat menyukai sepak bola dan klub. Persib merupakan tim yang memiliki fansbase besar di Indonesia. Ini sangat gila,” kata Essien.

Lebih lanjut, eks pemain Chelsea ini menganggap bahwa salah satu faktor kesulitan bermain di Indonesia adalah faktor cuaca. Baginya, Indonesia memiliki cuaca yang sangat panas, bahkan panasnya melebihi cuaca di Ghana.

“Tidak mudah bermain di sana (Indonesia), saya sedikit mengalami kendala jika bertanding sore hari. Walau saya berasal dari Ghana, panasnya berbeda. Untungnya pertandingan kami lebih banyak digelar malam hari,” kata dia.

Tentu saja, para fans Persib Bandung akan selalu mengenang bahwa Michael Essien pernah membela klub kesayangan mereka di masa lalu.

Meski berlabel Superstar, dalam setiap latihan ia selalu menjadi pencair suasana dengan tingkah konyolnya maupun sebagai panutan untuk para pemain muda.

Selama semusim membela Persib Bandung, Essien mencatatkan 29 penampilan dan mencetak 5 gol diantaranya. Namun, ia gagal membawa Maung Bandung bersaing dalam perburuan gelar juara saat itu.